Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sunat Anak Lelaki dengan Gangguan Perilaku Hiperaktif


Liburan sekolah anak sebentar lagi tiba. Biasanya bagi parents yang memiliki anak laki-laki, musim libur sekolah seperti ini dijadikan juga moment yang pas untuk mengkhitan anak lelakinya. Hal itu tak lain dan tak bukan agar ketika proses recovery setelah sunat nanti tidak mengganggu aktivitas pembelajaran anak. Nah, disini saya akan berbagi kepada parents semua mengenai proses sunat anak saya yang sudah saya lakukan pada akhir desember 2023 lalu dengan keadaan anak pertama saya yang mengalami gangguan perilaku hiperaktif.

Sebenarnya pada awalnya saya ingin anak-anak saya disunat saat mereka bayi dulu. Alasannya supaya proses recovery setelah sunatnya bisa lebih cepat dan juga bisa full terurus oleh saya (sekalian cuti lahiran). Tapi suami saya merasa kasihan pada anak saya karena masih terlalu kecil. Jadi rencana tersebut akhirnya batal kami lakukan.

Seperti diketahui sebelumnya anak sulung saya yang bernama kahfi mengalami speech delay and behavior dissorder. Gangguan Perilakunya lebih ke arah hyperaktif sehingga menyebabkan dia sulit fokus dan cenderung ceroboh. Ketika saya memiliki niatan untuk mengkhitan kedua anak saya di Bandung supaya sekalian ambil cuti panjang karena adik saya akan menikah, kedua orang tua, suami dan keluarga besar saya sangat mendukung niat saya tersebut dengan harapan kahfi bisa menjadi "lebih" tenang setelah disunat karena konon katanya anak-anak wawa dan bibi saya yang juga hyperaktif seperti kahfi menjadi lebih tenang setelah disunat.


Selain diwajibkan bagi laki-laki muslim untuk di sunat/khitan, ternyata manfaat sunat untuk laki-laki adalah :
  1. Mengurangi Resiko Infeksi Saluran Kemih
  2. Menurunkan Resiko Penyakit Menular Seksual
  3. Mencegah Resiko Kanker Prostat
  4. Mencegah Penyakit Balanitis
Sebenarnya tidak ada hubungannya antara anak hyperaktif menjadi tenang ketika disunat, hehe.. Cuma mungkin logikanya ketika anak hyperaktif disunat apalagi dengan metode konvensional yang mana proses penyembuhannya membutuhkan waktu lama, akan membuat anak yang disunat menjadi lebih diam karena takut kesakitan. Sehingga ketika sang anak sudah 100% pulih, namun karena sudah terbiasa diam menahan rasa takut kesakitan after sunat sebelumnya, maka dia akan terlihat lebih tenang dari sebelumnya.

Jadi tidak ada salahnya kan untuk mencoba? hehe.. Semenjak saat itu sewaktu saya masih di Pekanbaru, saya mulai searching mengenai metode sunat yang terbaik terutama untuk anak saya yang hiperaktif. Awalnya saya tertarik dengan metode sunat modern yang sekarang banyak bertebaran di social media. Metode sunat modern rata-rata adalah metode dengan clamp atau sealer. Klaimnya dengan metode tersebut akan minim sakit, tidak ada pendarahan, tidak ada jahitan, tidak di verban, dan proses recoverynya lebih cepat. Namun rasanya kalau cepat sembuh efek terbiasa untuk sedikit diam saat recovery after sunat untuk kahfinya jadi tidak efektif.. haha

Jadinya saya dan pak suami memutuskan agar anak-anak kami di sunat dengan cara konvensional saja. Dan dari hasil survey saya waktu itu, akhirnya saya memutuskan untuk menyunat kahfi dan rasyid di klinik paramedika Bandung dengan pertimbangan sebagai berikut :
  1. Klinik khitan paramedika merupakan klinik yang sudah lama beroperasi di Bandung dan ternyata sepupu saya banyak juga yang sudah di sunat di klinik ini. Sehingga dari segi pengalaman untuk mengkhitan anak saya rasa bisa dipercaya.
  2. Klinik khitan ini melayani khitan bayi, khitan remaja/dewasa, khitan obesitas, khitan ABK dan khitan massal.
  3. Metode khitan yang dilakukan di klinik ini adalah Metode Modern Konvensional dengan cara gunting, jahit dan verban. Dengan menggunakan Electro Cauter untuk memberhentikan pendarahan.
  4. Lokasi klinik khitan cukup dekat dengan rumah saya di Bandung.
  5. Kondisi kliniknya sangat bagus, rapi, bersih dan ramah anak-anak (minusnya cuma parkirannya aja yang sempit).
  6. Petugas klinisnya ramah-ramah dan dokternyapun sangat sabar, teliti dan detail dalam menjelaskan jawaban dari pertanyaan saya yang bejibun. hahaha
  7. Layanan melalui WAnya juga cukup cepat untuk di jawab dan ditanggapi oleh adminnya.
Nah setelah sampai di Bandung dan selesainya rangkaian pernikahan adik saya waktu itu, akhirnya saya, pak suami dan kedua orang tua saya mulai fokus untuk agenda selanjutnya yaitu mengkhitan kedua putra saya di klinik tersebut. Pada tanggal 26 desember 2023 jam 10 pagi kami kesana untuk melihat langsung kliniknya dan berkonsultasi pada dokter khitannya mengenai kondisi anak-anak saya. Prosedur pendaftaran sampai proses sunat anak saya di Klinik khitan paramedika waktu itu adalah sebagai berikut :
  • Pertama, ketika sampai disana saya langsung diarahkan untuk ke meja pendaftaran dan mengisi formulir yang berisi data anak-anak saya, kemudian karena kahfi mebutuhkan perlakuan khusus jadinya saya meminta untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 
  • Kedua, setelah melakukan pendaftaran, saya di arahkan untuk menuju meja kasir dan membayar 50 ribu untuk biaya konsultasi dengan dokter.
  • Ketiga, setelah saya melakukan pembayaran, saya diarahkan ke ruang tunggu dokter dan menunggu di panggil. Pada saat itu antrian tidak terlalu banyak, sehingga saya juga tidak lama menunggu.
  • Keempat, setelah nama anak saya di panggil, saya bergegas masuk ke ruangan dokter bersama kahfi, suami dan ayah saya. Didalam ruangan dokter kahfi diperiksa dan menjelaskan mengenai prosedur khitan yang akan di jalani kahfi nanti. Berhubung saat itu saya datangnya sudah mendekati siang hari maka proses khitannya akan dilakukan pada keesokan harinya. Sedikit tips untuk parents yang ingin khitan di klinik ini pada hari yang sama, usahakan agar datang untuk mendaftarnya di waktu pagi hari maksimal sampai jam 10 pagi ya..
  • Kelima, Setelah konsultasi dengan dokter saya kembali ke meja pendaftaran untuk melakukan reservasi tindakan sunat besok. Disana saya dijelaskan tipe pelayanan yang akan saya ambil. Waktu itu saya mendaftar pelayanan VIP karena dibayarkan oleh ayah saya. hahaha.. Perbedaan pelayanan VIP dan reguler adalah dari segi obat, ruang tunggu, dan waktu khitannya yang lebih cepat (diutamakan dan flexibel untuk pelayanan vip dan vvip). Ternyata karena saya memilih pelayanan VIP, uang konsultasi dokter yang saya bayar sebelumnya dikembalikan karena konsultasi sebelum dan sesudah khitan untuk pelayanan vip itu gratis. Lumayan kan buat jajan seblak.. hehe
  • Anak-anak saya dapat jadwal sunat tanggal 27 desember 2023 jam 06:00 pagi, karena terlalu excited jam 5:30 saya sudah sampai di klinik. Berbeda dengan anak-anak lain yang berwajah tegang karena akan disunat, kedua anak saya happy-happy aja dan malah lari-larian karena mungkin masih belum paham mengenai sunat ini padahal sudah saya sounding dari jauh-jauh hari. 😔
  • Tepat jam 06:00 ketika nama anak-anak saya di panggil, kami masuk ke ruang tunggu VIP dan biberikan betname. Disana juga saya langsung diberikan satu plastik berisi obat untuk dibawa pulang nanti. Tidak lama kemudian anak-anak dipanggil kembali dan disuruh berbaris untuk masuk ke ruang tindakan sunat. Di klinik ini hanya anak-anak saja yang masuk ke ruang tindakan, sementara orang tuanya menunggu di ruang tunggu sembari di ajarkan cara pemberian obat dan perawatan pasca sunat nanti oleh perawatnya.
  • Setelah selesai perawat menjelaskan cara pemberian obat dan perawatan pasca sunat, kami para orang tua di arahkan untuk menunggu di pintu keluar dari ruang tindakan sunat sembari melihat progress kegiatan sunat anak-anak kami di monitor. Pokoknya setelah keterangan di bawah nama anak kami berubah menjadi selesai, maka anak kami akan keluar dari pintu tersebut.
  • Lucunya, ketika masuk anak-anak saya tidak menangis dan khawatir sedikitpun (karena mungkin tidak paham apa yang akan terjadi), setelah keluar barulah mereka keluar dengan menangis. Saya tanya kenapa? apakah sakit? mereka menjawab sedih karena penisnya di gunting jadinya hilang dan berdarah 😅
Sepertinya tulisan saya ini sudah panjang sekali ya.. akan saya lanjutkan di tulisan berikutnya yaitu : Perawatan Pasca Sunat untuk Anak Lelaki dengan Gangguan Perilaku Hiperaktif ya..

Post a Comment for "Sunat Anak Lelaki dengan Gangguan Perilaku Hiperaktif"